wellcome

ahlan wa sahlan be sabakatna

Minggu, 25 Desember 2011

Cerdas dengan Jurnalistik




Salah satu agenda mata kuliah jurnalistik yang sedang diampu oleh para mahasiswa semester 7 Jurusan PAI fakulas Tarbiyah UIN Maliki Malang, adalah kunjungan media ke Kantor Pusat Radar Malang di Jl. Arjuna 23 Malang, pada 9 Desember 2011 dan Kantor Redaksi Radar Malang di Jl. Pepen 99 Pakisaji Malang, pada 16 Desember 2011.
Pada kunjungan pertama di kantor pusat Radar Malang, kami para mahasiswa disuguhi  materi-materi dasar jurnalistik dari dosen mata kuliah jurnalistik, Bapak Khoirul Anwar. Beliau disamping dosen di UIN Maliki Malang, juga menjabat sebagai Pemimpin Redaksi (Pemred) Radar Malang. Materi yang diberikan adalah tentang bagaimana teknik wawancara, teknik penulisan feature, hingga pembuatan koran dinding dan majalah dinding. Setelah materi disampaikan, kami ditugasi saat itu juga untuk membuat berita feature dan tugas materi lainnya yang harus di posting dalam blog masing-masing mahasiswa. Ini merupakan kuliah lapangan jurnalistik yang sangat efektif. Pembelajaran tidak harus dilaksanakan di dalam kelas, akan tetapi lebih baik dilakukan diluar kelas, karena dengan begitu para mahasiswa tidak akan jenuh berada di kelas, dan bisa meng-eksplore pikirannya  dengan bebas dalam sebuah tulisan.

Pada kunjungan kedua, yaitu di kantor redaksi Radar Malang, kami mendapatkan pengalaman yang tak terhingga. Secara langsung, kami dapat menyaksikan proses kerja  para wartawan. Dalam kantor berlantai 2 tersebut, tampak sedang sibuk para jurnalis di meja masing-masing. Diantara staf-staf tersebut ada yang menduduki sebagai redaktur seperti pak Abdul Muntholib, fotografer seperti pak Rully Novianto, layout pak Heri Siswanto, grafis/desain iklan pak Ebi Suryoleksono, dan lain sebagainya. Terlihat mereka sedang sibuk di depan layar monitor. Akan tetapi untuk mendapatkan informasi dalam pengalaman kami, meskipun sedang sibuk, kami mendatangi salah satu redaktur dan menggali informasi dari beliau. Diantara informasi yang kami dapatkan adalah tentang percetakan dan pendistribusian koran Radar Malang Jawa Pos. Bahwa berita yang dihimpun oleh para wartawan diproses dan berlangsung hingga pukul 21.00-22.00 WIB. Selanjutnya pada pukul 23.00 WIB, berita yang sudah layak diterbitkan, dicetak di percetakan PT Temprina. Sehingga pada pukul 03.00 WIB koran siap didistribusikan. Demikian informasi yang kami peroleh.
Selanjutnya, oleh pak Khoirul Anwar, dosen jurnalistik kami, kami diajak berkunjung di percetakan PT Temprina yang letaknya satu kompleks dengan Kantor Redaksi Radar Malang. Disana, kami dapat melihat langsung jalannya mesin pencetak koran. Tampak beberapa orang sedang sibuk dengan mesin tersebut, dan salah seorang yang mengevaluasi hasil cetakan, apakah sudah sempurna cetakannya, dalam artian tidak ada tinta yang meluber pada tulisan di koran tersebut. Begitulah sekiranya kerja orang-orang dibalik pembuatan koran/ surat kabar yang sehari-hari biasa kita baca. Sungguh diantara mereka adalah orang-orang yang hebat, menggali setiap peristiwa yang ada, membaca realita dan mengikatnya dalam sebuah tulisan tanpa takut intervensi dari manapun. Inilah yang merupakan tolok ukur bagi kita sebagai mahasiswa, betapa pentingnya dunia jurnalistik, tanpa jurnalistik, kita akan buta informasi dan hidup menjadi serba terbelakang. Dengan jurnalistik, kita sebagai agent of change and agent of controll bisa menjadi manusia cerdas yang berani menggali sebuah realita kehidupan ke dalam bentuk tulisan, yang nantinya menjadi sebuah wacana para anak didik di generasi mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar